3 Manfaat Menangis

03:04
Menangis sangat identik dengan bayi dan anak kecil, tapi bukan berarti orang dewasa tidak pernah menangis. Anda pastinya pernah menangis, entah di kamar atau di kamar mandi, saat Anda sedang sendiri. Bisa menangis karena bahagia atau juga karena sedih, marah, atau kesal. Menangis sangat wajar dilakukan oleh semua orang dari semua kalangan. Ini merupakan hal yang normal. Bahkan, menangis ternyata juga memberi manfaat bagi Anda. Ingin tahu apa saja manfaat menangis? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat menangis yang mungkin belum Anda ketahui
Berikut ini merupakan beberapa manfaat menangis, baik dari segi kesehatan fisik maupun mental:

1. Menghilangkan stres

Menangis saat Anda stres merupakan salah satu cara terbaik untuk menyalurkan stres Anda dan memberikan Anda perasaan lega. Saat Anda menangis karena stres, sebenarnya tubuh juga sedang melepaskan hormon stres atau racun dari tubuh melalui air mata Anda yang menetes.
Hal ini telah dibuktikan pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. William H. Frey II, ahli biokimia dari St. Paul-Ramsey Medical Centre di Minnesota. Beliau menemukan bahwa terdapat perbedaan komposisi kimia antara air mata karena emosi atau stres dengan air mata karena iritasi fisik. Air mata emosional (terkait stres) mengandung dasar protein hormon prolaktin, hormon adrenokortikotropik (ACTH), dan leusin enkefalin (penghilang rasa sakit alami). Semua ini dihasilkan oleh tubuh saat Anda sedang stres, seperti dilansir dari Netdoctor.
Pengeluaran ACTH dalam tubuh melalui air mata dapat menurunkan kadar hormon kortisol (hormon stres). Hal ini tentu baik, karena kadar hormon kortisol yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan yang berhubungan dengan stres.
Saat Anda stres, senyawa kimia dalam tubuh Anda menjadi tidak seimbang. Sehingga, menangis dapat membantu mengurangi efek tersebut. Menangis dapat membantu melepaskan emosi, stres, dan ketegangan dari perasaan negatif, tekanan, dan frustasi yang terpendam dalam diri Anda selama ini.

2. Memperbaiki suasana hati

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik Anda, menangis juga bermanfaat untuk kesehatan psikologis Anda. Menangis dapat meningkatkan suasana hati Anda menjadi lebih baik. Penelitian dari University of South Florida tahun 2008 telah membuktikan bahwa menangis dapat menenangkan diri Anda dan meningkatkan suasana hati Anda menjadi lebih baik daripada antidepresan apapun.
Jika ditanya “apakah setelah menangis suasana hati Anda menjadi lebih baik?”, pada umumnya semua orang menjawab iya. Namun, ini juga tergantung dari alasan apa yang membuat Anda menangis dan bagaimana menangis itu ditangani oleh Anda. Orang dengan gangguan kecemasan atau suasana hati mungkin kurang dapat merasakan efek positif dari menangis.

3. Meningkatkan penglihatan dan melindungi mata

Air mata yang keluar dari mata Anda dihasilkan oleh kelenjar lakrimal. Air mata ini mampu membantu Anda membersihkan mata dari debu-debu, mencegah iritasi pada mata, dan menjaga mata Anda agar tetap lembab. Sehingga, air mata dapat menjernihkan penglihatan Anda. Menangis juga dapat mencegah membran mukosa pada mata agar tidak mengalami kekeringan atau dehidrasi. Kekeringan pada mata dapat membuat mata rentan terhadap serangan bakteri.
Dalam air mata terkandung antibakteri yang disebut dengan lisozim. Lisozim ini dapat membunuh bakteri tertentu dengan cara menghancurkan dinding sel bakteri. Sehingga, dengan adanya air mata yang selalu membasahi daerah sekitar mata Anda (disebut dengan air mata basal), mata Anda akan terus terlindungi dari berbagai benda asing.

http://www.uzone.id/3-manfaat-menangis#CAPgq27rAbFIhbEy.99
Previous
Next Post »
0 Komentar

Recent Posts Widget